Inspiration For Men

5 Efek Negatif dari Latihan Berlebihan

Hidup sehat memang selalu menjadi keinginan setiap orang, bahkan gaya hidup sehat belakangan ini seloah menjadi lifestyle baru yang banyak digemari, khususnya oleh masyarakat perkotaan yang padat aktivitas. Oleh karena itu wajar saja jika banyak yang berolahraga untuk menjaga kebugaran atau bahkan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tapi tahukah Anda ternyata jika berolahraga secara berlebihan justru hanya akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh?

Ketika berolahraga dengan intensitas berlebihan secara alami tubuh Anda akan kehilangan berat badan, namun dalam konteks negatif. Tanpa disadari, tubuh Anda akan mulai kelaparan dan melepaskan hormon yang disebut kortisol. Peningkatan kortisol ini akan memakan massa otot tubuh Anda, sangat disayangkan bukan? 

Berikut kami berikan 5 efek buruk yang terjadi pada tubuh jika Anda berolahraga secara berlebihan.

Rentan Cedera

Bagi Anda yang sering berolahraga secara berlebihan, tubuh Anda pun sangat rentan terhadap cedera. Sama seperti mesin tubuh Anda juga membutuhkan waktu untuk istirahat, jadi jika Anda berolahraga secara berlebihan maka otot-otot yang rentan cedera seperti ligamen dan tendon cenderung menjadi tegang. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan resiko patah tulang. Selain itu terlalu banyak berolahraga juga dapat membahayakan jaringan tubuh Anda seperti persendian dan jaringan otot.

Kehilangan Massa Otot

Ketika memulai olah raga mungkin beberapa dari Anda mempunyai target untuk membangun otot Anda, namun seperti yang dituliskan sebelumnya, jika Anda terlalu sering berolahraga tubuh Anda secara alami justru akan kehilangan massa otot Anda. Tidak hanya itu, olah raga berlebihan yang tidak berimbang juga dapat membuat tubuh Anda kekurangan nutrisi. Secara tidak langsung Anda sedang menghancurkan tubuh Anda sendiri dengan latihan berlebihan.

Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Tingginya intensitas latihan serta minimnya asupan nutrisi yang Anda terima hanya akan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap serangan virus dan bakteri, bukannya bugar tubuh Anda malah mudah sakit akibat lemahnya kekebalan tubuh yang tidak efisien melawan virus atau penyakit lainnya.

Gangguan Makan

Jika dilakukan secara tepat, olahraga dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Namun jika melakukannya secara berlebihan, Anda justru beresiko mengalami gangguan makan. Hal ini dikarenakan, pikiran Anda terlalu fokus pada olahraga dan latihan saja. Mereka yang mengalami hal tersebut menghadapi gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia yang disebabkan oleh kecanduan olahraga. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh latihan kompulsif.

Gangguan Tidur

Selain gangguan makan, olahraga berlebihan juga bisa menjadi penyebab gangguan tidur. Masalah ini biasanya disebabkan karena kondisi tubuh yang terlalu lelah, lesu dan terkuras. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik, hal itu juga berlaku dalam hal berolahraga. Bukannya menjadi sehat latihan yang berlebihan justru berbahaya bagi kesehatan Anda.