Inspiration For Men

9 Cara Orang Sukses Memaknai Hidup

Membangun kesuksesan dari nol pastinya membutuhkan kerja keras, tumpukan rasa percaya diri, kreativitas, motivasi dan fokus. Itulah alasan mengapa tidak banyak orang yang bisa berhasil sukses. Orang sukses memiliki sejumlah kebiasaan dan rutinitas yang jarang dilakukan orang kebanyakan.Menurut Steve Siebold, apa yang membedakan antara orang sukses dan orang tidak sukses bukan saja apa yang mereka kerjakan tetapi juga cara berpikir mereka.

Berbeda dengan orang yang gagal para pengusaha sukses senantiasa menunjukan kretivitas dan inovasi. Siebold menghabiskan lebih dari tiga dekade menginterview para milioner dari berbagai penjuru dunia dan merangkumnya dalam sebuah buku berjudul “How Rich People Think”.Lalu apa saja kebiasaan sukses, berikut 9 perspektif orang sukses yang membedakan mereka dari yang lainnya:

1. Persepsi tentang Uang

Pasti Anda semua pernah mendengar istilah “Money is the root of all evil”atau uang adalah akar dari segala kejahatan. Mereka yang sukses memandangnya dalam perspektif yang berbeda, mereka percaya akar dari segala kejahatan bukanlah uang melainkan kemiskinan. Mereka percaya bahwa “Poverty is the root of all evil”. Orang sukses mengerti bahwa uang tidak menjamin kebahagian, tetapi di lain sisi mereka mengerti bahwa dengan uang hidup akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

2. Mentalitas Aksi

Ketika kebanyakan orang-orang berharap akan datangnya kesempatan, pertolongan atau bantuan dari Tuhan, pemerintah, atasan atau kerabat mereka, orang-orang sukses tahu betul bahwa masa depan dan keberhasilan mereka ada di tangan mereka sendiri.

3. Orang Sukses melihat uang sebagai mesin penghasil kekayaan

Saat memperoleh banyak uang, maka dua hal pertama yang biasa dilakukan kebanyakan orang adalah membeli barang-barang mewah atau mencari cara untuk menghemat uang yang mereka miliki. Di sisi lain berbeda dengan orang pada umumnya, mereka yang sukses melihat uang dalam jumlah besar sebagai peluang untuk memperoleh penghasilan lebih besar. Kemampuan menahan diri untuk membeli hal-hal yang tidak perlu memang menjadi kebiasaan banyak pengusaha sukses.

4. Bisa fokus di mana saja

Waktu dan perhatian merupakan dua hal yang sangat berharga. Orang-orang sukses selalu bisa menyadari apapun yang dialaminya. Tak hanya itu, mereka yang berhasil ini juga terbiasa dengan pekerjaan yang sistematis, mereka tidak suka kegiatan yang berlebihan dan mampu memusatkan pikiran mereka kapan dan di mana saja.

5. Bersikap dan berpikir positif

Untuk mencapai kesuksesan Anda dituntut untuk jujur dalam memberikan apresiasi pada siapapun. Para pengusaha sukses biasanya tidak terlalu pesimis maupun optimis. Mereka selalu mampu berpikir positif dan realistis. Akibatnya, orang-orang sukses memahami berbagai kejadian yang menimpanya tapi pada saat bersamaan dia juga dapat bersikap idealis dan berani mengambil risiko.

6. Melihat hambatan sebagai peluang 

Orang yang tidak sukses cenderung melihat kesulitan sebagai alasan untuk menyerah. Hebatnya, orang-orang sukses menilai tantangan dan hambatan sebagai cara untuk memperbaiki dan mingkatkan kemampuannya.

7. Pandai berspekulasi

Orang sukses membuat setiap keputusan dengan membandingkan berbagai pilihan dan mencari mana yang paling berharga. Apapun yang dilakukan, mereka selalu memikirkan baik dan buruknya. Tak ketinggalan, kemampuan dan sumber daya yang yang tersedia juga menjadi bahan pertimbangan orang-orang sukse dalam mengambil keputusan.  Di lain sisi mereka yang tidak sukses cenderung ‘berjudi’ dan percaya pada hal-hal yang bersifat sugesti dalam mengambil keputusan.

8. Lebih mengandalkan Ide daripada keahlian

Orang sukses selalu berpikir bagaimana cara mengembangkan berbagai peluang yang ada. Berbeda dengan orang tidak sukses yang terus berlatih dan bekerja di zona nyaman, para pengusaha sukses lebih senang berada di tengah situasi penuh tantangan.

9. Memiliki Tujuan yang jelas

Berbeda dengan orang biasa, para pengusaha bergerak atas dorongan gagasan berupa tujuan yang harus dicapai. Semua visi yang dimiliki ditentukan dengan jelas dan spesifik. Sebagai contoh memiliki target untuk menurunkan berat badan sebanyak 3 kg lebih baik dari sekadar ingin kurus.

10. Kebiasaan Membaca

Yang terakhir tetapi tidak kalah penting adalah membaca. Riset menunjukan 88% orang sukses menghabiskan waktu mereka membaca materi-materi yang berhubungan dengan pendidikan atau karir paling tidak 30 menit setiap harinya, di sisi lain hanya 2% dari orang miskin yang melakukan hal yang sama.